Wednesday, November 18, 2009

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MERENOVASI RUMAH

renovasi-rumahDengan bertambahnya usia dari bangunan Rumah yang kita tempati pasti ada bagian-bagian yang memerlukan perbaikan, apakah itu karena rusak akibat dari usia material atau ingin mengubah bentuk dari rumah tersebut.

Tujuan utama adalah agar rumah yang kita tempati lebih baik, lebih indah dari sebelumnya.

Nah untuk memulai tahapan-tahapan renovasi Rumah atau modifikasi rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Perencanaan harus benar-benar matang, jangan disepelehkan perencanaan, karena tanpa perencanaan dapat dipastikan dalam pelaksanaan pekerjaan akan berantakan dan juga adanya pembengkakan biaya, sering kali saya mendengar keluhan teman-teman dalam merenovasi ataupun membangun rumah biayanya membengkak tidak karuan, saya Tanya rencananya seperti apa, yang disodorkan malah beberapa guntingan gambar, terus saya Tanya mana RAB, eh malah tidak ada, loh kok bisa tau anggarannya membengkak, oh ternyata RAB nya dikira kira. Yah..pantes…………….. mungkin pembaca bertanya gimana saya bisa membuat perencanaan, ok jangan kwatir caranya kalaupun tidak bisa menggambar kumpulkan dulu gambar-gambar dari majalah atau tabloid, item-item mana yang disenangi dicentang (untuk mengetahui nama-nama struktur rumah klik disini), buat sketsa ruangan yang akan direnovasi, tempelkan gambar disebelah sketsa tersebut, kemudian di tandai. Atau kalau bingung panggil anak STM, atau tukang Tanya item-item tersebut, yang lebih gampang lagi panggil jasa perencana, mendengar jasa perencana mungkin terbayang harganya mahal….oh…tidak selalu, bahkan perencanaannya bisa gratis….tergantung perjanjian. Atau kalau tetap mau menghitung sendiri nah silakan Baca disini,
  2. Hitung biaya yang diperlukan, baik biaya untuk upah maupun biaya material, op…. jangan bingung dulu gimana caranya menghitung, nah untuk mengetahui cara menghitung silakan down load disini, biaya yang diperlukan untuk upah, dapat digunakan sebagai pedoman walaupun pekerjaan tersebut akan dikerjakan oleh tenaga harian, sehingga dapat menentukan jumlah tukang, tenaga dan berapa hari pekerjaan tersebut dapat diselesaikan. Kalau dikerjakan harian sering saya mendengar keluhan tukang yang mengerjakannya lambat, tetapi lambatnya seperti apa….yah pokoknya lambat..pekerjaan tidak selesai-selesai, nah kalau kita hitung biaya tukang kita dapat mengetahui apakah tukang tersebut lambat atau pekerjaannya sesuai standar berdasarkan analisa.
  3. Persiapkan semua material yang dibutuhkan, sebelum memulai pekerjaan, jangan setelah ada tukang/pekerja, baru mau mempersiapkan kebutuhan material, sehingga tidak terjadi pemborosan di upah.
  4. Kesiapan dari seluruh penguhuni rumah, yang dimaksud kesiapan disini adalah penghuni rumah siap mengahadapi kondisi rumah kurang tertata.

Setelah empat item yang saya tulis diatas dirasa sudah siap, baru melaksanakan renovasi.

Semoga bermanfaat.

0 comments:

toolbar powered by Conduit