Friday, July 31, 2009

Tips Menaikkan Berat Badan

Kurus itu ada sebabnya. Mungkin karena sakit (spt TBC, diabetes turunan, dsb), mungkin karena hormon, dll. Setiap laki2 tentu mempunyai banyak hormon testosteron. Itu salah satu faktor mengapa kaum Adam tidak mudah gemuk seperti kaum hawa. Tetapi bagi kaum hawa, jangan coba2 menyuntikkan hormon tsb ke dalam tubuh Anda (kecuali jika Anda ingin punya jenggot layaknya kaum pria :em32: ). Dalam tubuh wanita juga ada hormon ini dalam jumlah yg sangat sedikit. Makanya terkadang kita temukan ada wanita yg bulu2 halus di atas bibirnya itu sungguh terlihat, dan biasanya wanita seperti itu tidak menjadi gemuk walau makannya banyak.

Kalau kita memang tidak punya penyakit yg menyebabkan kekurusan, jangan terlalu memikirkan ingin gemuk. Buat apa gemuk kalau tidak sehat. Ada orang yg banyak makan, tetapi aktivitasnya segudang, terutama aktivitas otak. Wajar aja kalau tidak gemuk2. Memang ada beberapa herba yg membantu untuk gemuk (seperti temulawak). Tetapi pastikan bahwa Anda memang sehat.

Setelah itu, coba ubah pola makan Anda yg tiga kali sehari menjadi 5-6 kali sehari. Makan banyak dengan 3 kali makan tidak memaksimalkan penyerapan nutrisi ke tubuh. Coba Anda lihat porsi makan Anda sehari. Lalu Anda jumlahkan. Setelah itu tambahkan 0.5 s/d 1 porsi lagi. Lalu bagilah menjadi 6 kali makan. Jadi setiap 3-4 jam Anda harus makan besar dengan porsi tersebut. Perbandingan antara asupan karbohidrat, protein dan lemak untuk orang yang kurus idealnya adalah 50% : 30% : 20%. Orang Indonesia terkadang makan nasi sepiring dengan sambal goreng kentang. Padahal kentang dan nasi sama2 sumber karbohidrat. Sedangkan kita juga perlu protein.

Konsumsilah protein tinggi dari misalnya daging yang rendah lemak (lean meat), dada ayam tanpa kulit, dada kalkun tanpa kulit, ikan tuna, salmon, sardin, mackerel, putih telur, tahu dan tempe, keju cottage rendah lemak, yoghurt rendah lemak, susu kedelai, dsb. Tujuannya agar anda bisa menaikkan berat badan tapi tidak banyak menimbun lemak tubuh, khususnya di perut dan pinggang.

Konsumsilah multi vitamin dan mineral yang mempunyai sistem pelepasan secara berkala (time release) dan dalam komposisi yang tepat bukan kelebihan. Vitamin dan mineral adalah bahan2 penting yang membantu proses semua reaksi kimia dalam tubuh seperti proses metabolisme makanan, penunjang sistem imun, pembentukan dan pemeliharaan semua sel dan jaringan dalam tubuh, juga untuk mereduksi hormon kortisol dan radikal bebas dalam tubuh yang dihasilkan sewaktu kita beraktivitas. Jadi sebaiknya tidak menganggap dan meremehkan bahwa vitamin atau mineral yang satu lebih penting dari yang lainnya sehingga tidak perlu dikonsumsi karena hanya diperlukan dalam dosis yang kecil. Mengkonsumsi habbatus sauda mungkin akan membantu keperluan vitamin dan mineral ini. Atau tambahkan juga ekstrak pegagan yg saat ini juga telah dikemas dalam kapsul.

Untuk olahraga terbaik yang bisa menaikkan berat badan secara proporsional dan ideal adalah kombinasi latihan beban dan renang. Saya sarankan minimal anda bisa 3 kali latihan beban dan 2 kali renang dalam seminggu. 2 hari lainnya adalah off day anda. Renang termasuk olahraga kardio, tetapi yang tidak banyak membuang kalori anda dibanding latihan kardio lainnya, jadi anda akan mempunyai cadangan glikogen yang cukup dalam tubuh untuk mempertahankan berat tubuh anda terhadap metabolisme tinggi dan stres latihan beban. Dua jenis olahraga ini akan merangsang nafsu makan anda sekaligus pertumbuhan otot anda, jadi menurut saya sangat efektif apabila rutin dilakukan. Jika anda hanya menambah kalori harian saja tanpa mau menambah massa otot anda, maka sekalipun berat badan anda bisa naik, maka kenaikan berat itu sedikit demi sedikit juga akan menambah prosentase lemak di tubuh anda walaupun sulit untuk menjadi benar2 gemuk. Latihan beban adalah satu2-nya jalan untuk semua orang baik cowok maupun cewek yang sulit menaikkan berat badannya (hardgainer) berhubung tingkat metabolisme mereka yang tinggi (= makan sudah banyak/sering tapi tetap kurus).

Jangan pesimis dulu jika berat badan anda masih sulit naik. Kenaikan yang ideal dan sehat hanya dianjurkan 1/2 - 1 kg per minggu. Jika pada akhir minggu kedua berat badan anda tetap tidak naik, maka tambahkan kalori sebanyak 250 lagi per hari pada minggu ketiga, dst. Konsistensi, disiplin dan kerja keras adalah kunci keberhasilan usaha anda. Semoga membantu.

1 comments:

eka sugi harti said...

makasi pak untuk infonya.....
pak maaf klo bisa tempat komentnya pakek scroll aj biar lebih mudah

toolbar powered by Conduit